Jantung Desa kintamani

              Danau Batur adalah sebuah danau eksotis yang terletak di Kintamani, Bali. Nama “Batur” merujuk pada nama sebuah gunung yang ada di dekat danau ini, Gunung Batur namanya. Letak Danau Batur Kintamani berada di lereng Gunung Batur. Dan hal ini lah yang melatar-belakangi nama Danau di Kintamani ini. Danau Batur terletak di area tinggi, yaitu 1.050 mdpl dengan luas 16 km persegi dan kedalaman rata rata 50,8 km.
           Air danau sebagian besar berasal dari air hujan yang tersaring melalui gunung, dan rembesan itu lah yang pada akhirnya memenuhi danau eksotis ini. Karena keunikan tempatnya, UNESCO menetapkan tempat ini sebagai Taman Bumi (Global Geopark Network), sangat membanggakan bukan?
Danau ini difungsikan murni sebagai wahana wisata, bukan sebagai irigasi atau untuk pemenuhan kebutuhan lainnya. Karena letaknya yang berada di ketinggian dan di kelilingi pepohonan yang sangat rimbun membuat suasana di danau ini sangat dingin. Suhu rata rata di danau ini yaitu 22 derajat s/d 26 derajat celcius.
         Air danau yang tenang dan berwarna biru kehijau hijauan membuat wisatawan yang berdiri di pinggiran danau merasa tenang dan damai. Tak heran jika banyak wisatawan yang betah berada di tempat ini dan mereka memilih untuk berlama lama menikmati sajian panorama yang ada. Jika ingin melihat keindahan Danau Batur Kintamani secara keseluruhan, anda dapat pergi ke desa Penelokan. Desa ini berada di dataran yang lebih tinggi dari pada Danau Batur Kintamani, sehingga pemandangan danau yang sangat elok dan Gunung Batur yang berdiri kokoh dapat dilihat secara jelas dengan pandangan yang menyeluruh. Jika dilihat dari ketinggian, Danau Batur memiliki bentuk seperti bulan sabit.

Danau Batur terletak di Provinsi Bali, tepatnya berada di Kec. Kintamani, Desa Penelokan Utara. Apabila berangkat dari Denpasar, jarak yang ditempuh kurang lebih 64 km atau sekitar 2 jam perjalanan. Namun apabila berangkat dari Singaraja, jarak yang ditempuh kurang lebih 58 km atau sekitar 1,5 jam perjalanan.
Rute menuju lokasi danau cukup berkelok kelok, seperti pada jalur pegunungan pada umumnya. Selain itu, jalur ini juga selalu dipenuhi oleh pengendara bermotor sehingga sangat ramai, terutama pada musim liburan.

Image result for danau batur

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerita Makanan Khas Desa Kabut

Ikan Mujair Nyat-Nyat Khas Kintamani

Keindahan Gunung Batur