Keindahan Gunung Batur

               Gunung Batur merupakan gunung tertinggi ke dua di Bali setelah Gunung Agung. Gunung yang terletak di Kecamatan Kintamani Kab Bangli ini tergolong Gunung yang masih aktif sampai saat ini.Seperti objek wisata Kintamani lainnya, Gunung Batur juga sangat terkenal dan mengagumkan,kenapa tidak,Gunung yang dikelilingi gurun bebatuan  ini sangat menakjubkan, bukan hanya bebatuan, bergeser sedikit penglihatan saja kita bisa melihat tebing besar di sebelah kiri dan juga tidak kalah Danau Batur di sebelah kanan.




               Gunung yang memiliki tinggi 1.717m ini menjadi daya tarik yang sangat tinggi bagi para pecinta alam.Cerita tentang Gunung Batur banyak sekali rute jalan untuk sampai kesana. kita bisa lewat jalur Toya Bungkah, Culali,Seked dan lainnya. Untuk Wisatawan asing yang mendaki Gunung Batur, biasanya ada Guide yang bisa mengantarkan dengan jasa sewa. Tapi jika masyarakat asli batur bisa mendaki lewat jalur mana saja.

 Related image

               Untuk mendaki Gunung Batur biasanya kita bisa mulai pendakian pada pukul 3 pagi hingga sampai puncak kita bisa langsung melihat sunrise .Tapi tidak sedikit juga orang yang melakukan perkemahan di atas puncak dengan waktu sore hari mendaki dan bisa menghabiskan malam diatas puncak gunung batur.Jika kita melakukan kemah saat sore hari kita bisa meliha sunrise dan sunset. Saat melakukan pendakian tidak usah takut kelaparan ,karena di atas gunung ada penjual makanan yang terbilang banyak, tetapi disana hanya menjual makanan yang kecil-kecil saja seperti roti,minum,telur rebus,mie instan dll. Dengan haega bisa dikatakan 2x lipat dari harga biasa, tidak aneh terdengar karena perjuangan para pedagang untuk membawa dagangannya menuju punyak dengan beban yang berat.
              Tapi jika ingin berhemat atau punya cerita sendiri kita bisa memasak  sendiri di atas puncak Gunung Batur. kita cukup membawa air mineral,mie instan,telur dan mangkok. Karena diatas puncak ada tempat seperti permukaan pasir yang panas ,disana kita bisa mengubur air mineral dan telur ,beberapa menit kemudian air dan telur akan menjadi makanan siap saji, begitu juga mie instan kita bisa membuatnya dengan merendamnya dengan air panas yang sudah dikubur tadi.
               Diatas Gunung Batur bukan hanya keindahan gunung saja, tetapi disana kita juga bisa melihat monyet-monyet yang lumayan banyak.Dan mereka hidup dengan makan dari pendaki gunung. Diatas Gunung Batur kita bisa berjumpa dengan banyak sekali wisatawan asih dari berbagai negara.Gunung Batur memiliki banyak kawah yang terletak di tempat berbeda karena permukaan gunung batur yang lebar banyak serkali tempat kawah yang seperti tersembunyi di antara turunan dan tanjakan.
               Gunung Batur tergolong gunung yang masih aktif, dimana letusan terakhir terjadi pada tahun 2000.Dimana pada saat itu Desa Batur yang berada dibawah pindah keatas untuk mengungsi yang sampai sekarang menjadi Desa Batur yang diatas. Gunung Batur bukan hanya terkenal dengan tingginya tapi hal unik gunung batur yaitu kita bisa melihat seluruh permukaan gunung dari atas yaitu di Penelokan ,kita bisa melihat gunung batur dari atas dengan kita meningii gunungnya. Karena Gunung Btur berada di daerah bawah kaldera Batur.

  Image result for gambar memasak di atas gunung batur
                 Tidak hanya gurun bebatuan dan danau yang bisa kita lihat dari gunung batur. Karena di belakang Gunung Batur kit bisa melihat Desa Songan yang dimana desa tersebut memiliki banyak sekali penduduk. Jika kita berada di atas puncak saat keadaan masih gelap kita bisa melihat hiasan lampu dari desa tersebut yang dimana hiasan lampu tersebut seperti lampion pada malam hari.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerita Makanan Khas Desa Kabut

Ikan Mujair Nyat-Nyat Khas Kintamani